Sabtu, 02 April 2011

Arti Blog KaPaL PeCaH

Assalamualaikum Wr Wb

Halo sobat semua, pada posting kedua ini saya masih mencoba untuk belajar merangkai kata dan menulis di blog. Adapun tema yang saya ambil adalah tentang apa maksud dan filosofi gambar maupun tulisan yang saya pasang pada blog saya, terutama pada header. Pada posting kemarin, saya telah jelaskan tentang latar belakang saya memilih kata "KaPaL PeCaH" untuk nama blog saya. Sekarang saya akan lanjutkan dengan makna dan filosofinya.
Pada header terdapat gambar pemandangan sore hari pada saat matahari mulai tenggelam yang diambil dari bawah pagar gulungan kawat yang biasa disebut kawat rintangan dan pada gambar tersebut saya beri tulisan "Tuntutlah Ilmu Sampai Liang Lahat" yang sangat banyak serta tulisan "Mari Belajar Sebelum Terlambat" dibawah tulisan "KaPaL PeCaH". Sedangkan pada sisi kanan tepatnya diatas jam, bisa dilihat ada tulisan "Waktu adalah Pedang". Nah, saya akan paparkan satu persatu.
1) Pemandangan sore hari  merupakan perubahan alam dari siang menjadi malam, terang menjadi gelap dan biasanya sering diperumpamakan sebagai usia senja ataupun usia yang sudah tua yang telah mendekati kematian. Karena pada hakekatnya usia kita hanya sehari, mulai pagi hingga petang, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Hal ini mengandung maksud untuk mengingatkan diri saya pribadi pada khusunya agar senatiasa mengingat bahwa sewaktu-waktu akan dipanggil oleh Allah Swt.

2) Rintangan kawat berduri maksudnya adalah dalam menghadapi hidup dan kehidupan, kita pasti akan menghadapi cobaan maupun halangan. Karena dalam setiap derap langkah kaki kita saat melangkah, sudah pasti mengandung suatu resiko, aral maupun rintangan baik besar maupun kecil yang selalu mengintai. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengingatkan saya sendiri khususnya untuk senantiasa berdoa memohon keselamatan dan dijauhkan dari segala kesulitan dalam menjalani hidup.

3) Tulisan "Tuntutlah Ilmu Sampai Liang Lahat" yang sangat banyak dan tulisan "Mari Belajar Sebelum Terlambat" mengandung arti bahwa waktu kita untuk menggali ilmu dan belajar adalah tak terhingga sepanjang kita masih dapat bernafas. Banyak hal yang dapat kita pelajari karena terdapat tanda-tanda kebesaran Allah dalam setiap ciptaan-Nya yang dapat kita gali pengetahuan yang terkandung didalamnya. Untuk itu, saya mengajak diri saya sendiri dan para sobat sekalian untuk selalu menuntut ilmu, sebagaimana Rosululloh Bersabda : "Menuntut Ilmu adalah Wajib Hukumnya, bagi Muslimin dan Muslimat".

4) Tulisan KaPaL PecaH, pada dasarnya saya menggunakan kapal atau perahu sebagai perumpamaan bahwa pada hakikatnya kapal itu merupakan alat untuk menyeberangi lautan atau samudra kehidupan. jika dikupas lebih mendalam, raga kita adalah kapal yang sedang kita gunakan untuk berlayar untuk menuju suatu tempat yang bernama "Surga". Kita saat ini menjadi nahkoda kapal yang memegang kendali kemana kapal akan kita bawa. Dan saat ini kita singgah sebentar yang biasa disebut "Mampir Ngombe" di suatu tempat yang disebut "Bumi" untuk mengumpulkan bekal agar kita dapat melanjutkan perjalanan dan sampai tujuan dengan selamat. Semoga kita semua dapat sampai ke tujuan hidup yang kita dambakan, amin. Kalo raga kita adalah perahu, sedangkan kita adalah nahkoda. Lalu siapa yang disebut KITA??? 

5) Tulisan "Waktu adalah Pedang" adalah perkataan yang sangat populer dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang mengandung arti bahwa waktu adalah maut yang suatu saat atau sewaktu-waktu bisa membunuh kita. Sekali lagi saya mengajak diri saya sendiri pada khususnya, untuk senantiasa menggunakan waktu ndengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita yang diatur oleh waktu, tetapi kitalah yang harus dapat mengatur waktu.

Demikian, postingan saya. semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr Wb

El Odaaisse (South of Lebanon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar